apa yang menjadi prioritas hidup anda ?

Selamat datang semoga anda bahagia di dunia maupun akhirat nanti, Amin.


Selasa, 13 April 2010

TUNTASKAN KONFLIK




Konflik adalah hal yang mutlak dalam hidup kita, begitu juga dalam lingkungan kerja. Dengan banyaknya kepentingan dari setiap orang, konflik akan selalu muncul dalam hubungan kerja. Bila kita tidak pandai mengatasinya, konflik sangat rentan mempengaruhi produktifitas seseorang.

Untuk itulah bila konflik mulai kita rasakan sebaiknya cepat atasi, kita cari penyebabnya dan cepat atasi. Selain menurunkan produktifitas, konflik membuat kita capek dan kehilangan kenikmatan dalam bekerja.

Beberapa cara mengatasi yang dapat kita lakukan :

BERSIKAP TENANG dan meyakinkan diri bahwa kita memiliki pilihan terbaik untuk merespons kondisi konflik tersebut.

JANGAN BERTERIAK walaupun rekan kita berteriak dan memaki kita serta jangan ikut-ikutan melakukan hal yang sama kepadanya. Lebih baik balas dengan suara tenang dan lembut serta meyakinkannya bahwa semuanya bisa diselesaikan dengan cara musyawarah / berdiskusi.

SADARI PERBEDAAN cara pandang kita berdua, jika sudah cari tahu apa yang membuat perbedaan tersebut terjadi. Kemudian kita kemukakan perbedaan tersebut kepadanya dan cari solusi bersama.

MELAKUKAN KOMPROMI bersama, sadari bahwa masing – masing tidak bisa memaksakan kehendak. Skenario terbaik ialah bahwa kita harus mempengaruhinya agar putusan memihak pada kita. Skenario terburuk, kita mengalah demi kepentingannya, bisa jadi putusan terbaik untuk keberlangsungan pekerjaan yang dikerjakan bersama.

JEDA SEJENAK untuk memikirkan dan memulihkan kondisi emosi masing-masing, bisa 1 jam 2 jam atau 1 hari. Bisa jadi dengan menunda pemecahan konflik selama sehari bisa lebih berpikir jernih demi kepentingan bersama.

BERPIKIR POSITIP walaupun konfliknya sulit diselesaikan. Mungkin kita dan rekan kerja akan mengalami masa – masa yang penuh intimidasi dan tidak nyaman, namun yakinlah bahwa nantinya kesepakatan akan berhasil dicapai, semoga……..

Literature renvoi no. 10.82.VII
sponsor :
http://www.readbud.com/?ref=4101844 ;

http://www.klikot.com/en/SignUp.aspx?advertiser_id=570322

Tidak ada komentar:

Posting Komentar